Subscribed unsubscribe Subscribe Subscribe

Sikap Optimis bisa Meningkatkan Kesehatan

Service Office Surabaya - Banyaknya tekanan hidup yang mesti dialami seseorang membuat kebanyakan orang mengalami frustasi. Beberapa org karna menghadapi beban pekerjaan yg berat harus mengalami stres pekerjaan. Problem lainnya seperti bencana alam dan kematian orang dekat juga bisa membuat depresi & frustasi. Cuma sedikit org yang sanggup menghindari tekanan hidup sehari-hari yg dpt membuat org frustrasi & berpandangan pesimistis. Namun, meski menghadapi kesukaran serta tekanan hidup, berpikir secara optimis bermanfaat khususnya untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Dan bagaimana cara memupuk sikap optimistis? Virtual Office Surabaya

Optimisme

Apa yg dimaksud dgn optimisme atau bersikap optimis? Optimisme adalah sikap selalu memiliki harapan baik dlm segala hal & kecenderungan untuk mengharapkan hasil yang menyenangkan. Optimisme dapat jg diartikan berpikir positif. Jadi optimisme lebih merupakan paradigma atau cara berpikir.

Sewaktu mengalami kegagalan atau tekanan hidup, bagaimana perasaan seorang optimis? Seorang yg berpikiran positif atau berpikir secara optimis ngga menganggap kegagalan tersebut bersifat permanen. Hal ini bukan berarti bahwa ia enggan mendapatkan kenyataan. Sebaliknya, ia menerima & memeriksa masalahnya. Lalu, sejauh keadaan memungkinkan, ia bertindak untuk mengubah atau memperbaiki situasi.

Bertolak belakang dgn optimisme, pandangan pesimistis akn menganggap kegagalan dari sisi yg buruk. Umumnya seorang pesimis sering kali menyalahkan diri sendiri atas kesengsaraannya. Ia menganggap bahwa kemalangan bersifat permanen dan hal tersebut terjadi karena telah nasib, kebodohan, ketidakmampuan, atau kejelekannya. Akibatnya, ia pasrah serta tidak mau berupaya.

Berpikir positif jg menjadi kunci sukses untuk mengelola stres. Optimisme akn membuat seseorang menghadapi situasi tak menyenangkan dgn cara positif & produktif.

Manfaat Berpikir Positif

Para ilmuwan sudah membuat kesimpulan atas riset selama puluhan tahun tentang manfaat berpikir positif & optimisme bagi kesehatan. Hasil riset menunjukkan bahwa seorang optimis lebih sehat serta lebih panjang umur dibanding org lain apalagi dibanding dengan org pesimis. Para peneliti jg memperhatikan bahwa org yg optimistis lebih sanggup menghadapi stres & lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi. Berikut ini beberapa manfaat bersikap optimis & sering berpikir positif.

1. Lebih panjang umur
2. Lebih jarang mengalami depresi
3. Tingkat stres yg lebih kecil
4. Mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik terhadap penyakit
5. Lebih baik secara fisik serta mental
6. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
7. Mampu mengatasi kesulitan dan menghadapi stres

Mengapa manfaat ini bisa diperoleh bagi org yg optimis & berpikiran positif? Karna biasanya orang yg optimis akan menghindari kegiatan yg dilakukan orang yg pesimis dalam menghadapi stres dan tekanan hidup. Org pesimis ketika menghadapi stres akn mengalihkan perhatian dengan kegiatan seperti merokok, konsumsi alkohol, serta menikmati makanan tanpa terkendali. Sedangkan seorang optimis akan mengerjakan lebih banyak aktivitas fisik, mengikuti diet sehat, serta mengurangi rokok dan alkohol.

Cara utk Bersikap Lebih Optimistis

Jika Anda sering berpikir secara negatif terhadap org lain ataupun terhadap situasi yg berat, bukan berarti Nte tak bisa berpikir positif. Lw bisa mengubah cara berpikir negatif menjadi positif. Tidaklah sulit untuk melakukannya, namun membutuhkan waktu dan latihan untuk membuat kebiasaan baru ini. Berikut ini beberapa cara utk lebih optimistis serta mempunyai pikiran dan sikap yang positif.

Periksa diri Anda
Sewaktu Kamu berpikir bahwa Kamu tak akan dpt menikmati suatu peristiwa jelek atau tidak akan sukses melakukan suatu tugas, segera singkirkan pikiran itu. Berfokuslah pada hal positif yang akan dihasilkan.

Lakukan pemeriksaan secara berulang. Bila pikiran negatif lebih banyak, maka secepatnya alihkan dgn pikiran positif.

Ikuti gaya hidup sehat
Berolahraga tiga kali satu hari bisa mengubah suasana hati menjadi positif dan mengurangi stres. Pola makan yang sehat jg mempengaruhi pikiran & tubuh. Serta coba mengelola stres Anda.

Nikmati pekerjaan
Berupayalah menikmati pekerjaan Anda. Tak soal pekerjaan Anda, carilah aspek-aspek yang menyenangkan Anda.

Cari teman yg positif
Carilah teman-teman yang memandang kehidupan dengan positif. Orang-orang demikian adalah orang yang optimis serta selalu mendukung Anda dgn memberi saran yg baik.

Sebaliknya bila Anda dikelilingi oleh orang-orang pesimis, akn meningkatkan stres Nte bahkan membuat Engkau ragu untuk mengelola stres dgn cara yang sehat.

Hadapi & terima
Hadapilah situasi yg dpt Anda kendalikan; berupayalah memperoleh situasi yang gak dpt Anda kendalikan.

Miliki rasa humor
Cobalah utk tersenyum dan tertawa khususnya ketika menghadapi ketika yang sangat sulit. Carilah kejadian yang mengundang tawa dalam kegiatan sehari-hari. Rasa humor yang baik membantu seseorang memiliki pikiran, emosi, serta perilaku yg lebih positif.

Catat hal baik
Setiap hari, catatlah tiga hal baik yg Sampean alami.

Aturan sederhana
Jangan katakan apapun kepada diri Sampean sesuatu yang gak kepingin Nte katakan ke orang lain.

Memang untuk bersikap optimistis sangatlah ngga mudah. Bencana alam, beban hidup, dan juga musibah bisa terjadi yang membuat banyak orang merasa susah utk berpikiran positif. Namun dgn berupaya bersikap optimis & berpikir positif akan menghasilkan kehidupan yang lebih sehat dan lebih memuaskan. Jangan menyerah!