Alpukat Buah Serbaguna & Kaya Manfaat

Service Office Jakarta - Alpukat (Persea americana) — dalam Bahasa Indonesia baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia disebut sebagai avokad — adalah buah yg sering kita jumpai. Buah serbaguna ini mempunyai banyak manfaat & khasiat bagi manusia. Ada banyak zat yg kaya manfaat yg terdapat di buah ini. Buah berwarna hijau ini sering dimanfaatkan utk jus atau bahan dalam es campur maupun hidangan lainnya. Rasanya yg nikmat membuat banyak orang menyukainya. Sebagian org takut utk mengkonsumsinya karena dianggap memiliki kandungan lemak yang tinggi. Apakah memang benar demikian? Apa saja manfaat dan khasiat alpukat atau avokad?

Alpukat atau avokad berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl. Buah ini memang berasal dari daerah tempat suku Aztek berasal yaitu di daerah Amerika Tengah & Meksiko. Awalnya buah ini mulai diperkenalkan oleh Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol, pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada ketika yg sama juga, para pasukan Spanyol yg menjajah Amerika Tengah juga memperkenalkan coklat, jagung serta kentang kepada masyarakat Eropa. Sejak itulah buah alpukat atau avokad mulai disebar serta dikenal oleh banyak penduduk dunia.

Manfaat Alpukat

Hampir setiap bagian dari pohon alpukat mempunyai manfaat. Kayu pohon alpukat berguna sebagai bahan bakar. Biji & daunnya dpt digunakan dlm industri pakaian. Kulit pohonnya dpt digunakan untuk pewarna coklat pada produk yg terbuat dari kulit.

Dalam bidang kecantikan, buah alpukat juga sering digunakan sebagai masker wajah. Buah ini dianggap mampu membuat kulit lebih kencang. Buah alpukat jg berguna untuk perawatan rambut contohnya sewaktu mengerjakan creambath.

Selain itu, sebagai buah, alpukat jg tentu bisa dinikmati sebagai hidangan yang lezat. Beragam hidangan disajikan dengan menambah alpukat sebagai bagian dari hidangan tersebut.

Zat Kaya Manfaat dalam Alpukat

Alpukat atau avokad mempunyai kandungan nutrisi yg sangat tinggi. Alpukat atau avokad setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yg bermanfaat. Alpukat kaya akn protein, riboflavin (atau dikenal sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (atau lebih dikenal sebagai kalium), dan vitamin C.

Selain itu alpukat mengandung lemak yg cukup tinggi. Namun jangan takut lantaran lemak pada alpukat mirip dengan lemak pada minyak zaitun yang sangat sehat. Lemak yg dikandung dalam alpukat merupakan lemak gak jenuh yang berdampak positif dlm tubuh. Lemak pada alpukat juga digunakan dlm pembuatan sabun serta kosmetik.

Berikut ini penjelasan beberapa zat dlm alpukat atau avokad yang bermanfaat bagi badan kita:

Vitamin E serta vitamin A

Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna utk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E serta vitamin A sangat berguna dlm perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda & segar.
    
Potasium atau Kalium
    
Potasium (dikenal jg sebagai kalium) yg ada dalam alpukat bisa mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dlm badan dan dapat menurunkan tekanan darah.
    
Lemak tidak jenuh
    
Dlm alpukat ada lemak nabati yg tinggi yg tak jenuh. Lemak ini bermanfaat utk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yg berarti dpt mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tidak jenuh pada alpukat juga tidak sulit dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tdk jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.
    
Asam oleat
    
Asam oleat adalah antioksidan yg sangat kuat yg dpt menangkap radikal bebas dlm tubuh akibat polusi. Radikal bebas dlm badan akan menimbulkan berbagai jenis keluhan kesehatan.
    
Vitamin B6

Vitamin ini berkhasiat utk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.

Zat Besi serta Tembaga
    
Zat ini dibutuhkan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.
    
Mineral Mangaan & Seng
    
Unsur ini bermanfaat utk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung serta menjaga fungsi saraf tetap terjaga.

Hidup Sehat dgn Alpukat

Di beberapa bagian dunia, buah ini dianggap sebagai salah satu buah eksotis & langka. Mungkin alpukat telah memainkan peranan penting dlm diet makanan Anda. Setelah merasa beragam hidangan yg mengandung alpukat atau avokad, Anda mungkin bisa memaparkan bahwa buah ini benar-benar banyak manfaatnya serta juga buah yang lezat!