Buah Lokal Indonesia dan Manfaatnya

Virtual Office Jakarta - Buah-buahan sebagai makanan yg sehat diperlukan oleh tubuh. Beraneka macam buah dgn berbagai kandungan vitamin dan mineral bisa kami temui. Mulai dari buah lokal sampai buah impor. Artikel kali ini akn membahas beragam buah lokal yg dikenal serta tak kalah gizinya dengan buah impor.

Buah Lokal Indonesia

Berbagai buah lokal di Indonesia ialah buah yang mempunyai rasa yang nikmat. Buah-buahan ini adalah jenis buah tropis. Ternyata berbagai buah lokal ini selain nikmat utk disantap mempunyai banyak manfaat bahkan untuk kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya.

Sawo
Sawo matang adalah salah satu jenis warna kulit yang biasa diberikan bagi yang mempunyai kulit sedikit gelap. Hal ini tak mengherankan lantaran kulit serta daging buah sawo berwarna cokelat dgn rasa yg sangat manis. Kaya akan karbohidrat lantaran 20% bagiannya terdiri dari gula. Sawo mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan kandungan potasium yg tinggi sehingga baik utk menjaga kesehatan pembuluh darah.

Kesemek
Kesemek merupakan buah yang seperti memakai bedak, karna pada bagian kulitnya terdapat bagian putih yang seperti bedak. Bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi lantaran mengandung fluoride dan berguna untuk menjaga kesehatan gusi serta mulut.

Jeruk Bali
Jeruk bali memiliki kulit yang tebal dan seperti spons. Bentuknya seperti jeruk, tapi dalam ukuran yg lebih besar & berwarna putih atau merah muda. Flavonoid, pektin serta likopen adalah senyawa yg terdapat di dalamnya. Berperan utk menurunkan kolesterol, mencegah anemia & mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kulit dari jeruk bali dapat dibuat menjadi beragam kerajinan yg menarik.

Jambu Air
Jambu air dgn warna merah atau hijau yg khas. Buah ini banyak mengandung air. Buah yg langsung dimakan dengan kulitnya ini memiliki kandungan vitamin A, C, kalsium & protein. Manfaatnya untuk menjaga kelembapan kulit serta serat untuk pencernaan.

Jambu Biji Merah
Jambu biji adalah buah dgn kandungan vitamin C yg sangat tinggi selain kandungan kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A dan B1. Sebaiknya memakan buah ini beserta kulitnya lantaran pada daging dekat kulit yg mengandung vitamin C paling banyak.

Duku
Duku ialah buah dgn bentuk bulat kecil dan memiliki daging buah yg cenderung bening. Mempunyai banyak mineral seperti kalsium, fosfor & zat besi. Berguna utk sistem pencernaan & mengobati diare.

Belimbing
Starfruit merupakan namanya dlm bahasa Inggris. Buah belimbing ini memang berbentuk bintang dgn lima sudut. Kandungan vitamin E di dalamnya berguna utk kecantikan kulit. Buah ini jg dipercaya bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Manggis
Tebak-tebak buah manggis. Buah ini memang sering dijadikan bahan tebak-tebakan utk menebak jumlah isi di dalamnya. Walaupun kulitnya berwarna hitam, tetapi dagingnya berwarna putih & mempunyai manfaat yang besar karna kandungan antioksidan, antibiotik serta antivirus yang tinggi. Buah ini dpt meredakan kelelahan & mengatasi masalah vertigo.

Sirsak
Sirsak biasa dimakan dengan ditambahkan gula, sirop atau dibuat jus. Kulitnya berwarna hijau serta daging berwarna putih. Manfaatnya sebagai pengatur kadar gula dlm darah & melawan bakteri dalam tubuh.

Salak
Salak pondoh adalah macam salak di Indonesia yang dikenal mempunyai kualitas yg paling baik. Rasanya yang manis & garing membuat buah ini cukup disukai. Buah bersisik coklat ini dapat meringankan buang-buang air yang terus menerus. Hal ini jg yg hendaknya membuat Nte tidak terlalu banyak mengkonsumsinya, karna bisa-bisa Sampean jadi tidak mudah untuk buang air.

Rambutan
Buah rambutan dgn ciri khas memiliki rambut dapat ditemui dgn tidak susah pada musimnya. Buahnya yg berwarna putih manis disukai anak-anak sampai org dewasa. Kandungan antioksidan pada dagingnya sangat besar, sehingga baik utk kesehatan. Salah satu yang memiliki rasa yang nikmat adalah rambutan rapiah.

Nanas
Daging buah nanas berwarna kuning dgn rasa asam manis, menjadi salah satu buah favorit dalam rujak. Manfaat dari nanas antara lain dpt membantu masalah pada penyempitan pembuluh darah yg tertutup lemak, membantu pencernaan dan bermanfaat untuk Kamu yg sedang diet.

Pepaya
Buah pepaya memiliki daging berwarna oranye serta berbiji hitam bulat-bulat kecil. Betakaroten merupakan kandungan gizi yg tertinggi di dalamnya. Buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Mangga
Salah satu buah yg banyak disukai yaitu mangga. Buah yang masih muda biasa diidamkan perempuan hamil karna rasanya yg asam. Tetapi, jika sudah matang, dagingnya yg berwarna kuning akn terasa manis karna kandungan gula yang cukup tinggi. Berguna utk kesehatan kulit serta mengendalikan tekanan darah.

Selain lebih murah, menikmati buah lokal menjadi salah satu variasi dlm menikmati segarnya buah. Jadi, jangan ragu untuk mencicip kesegaran dari buah-buahan hasil negeri sendiri dan rasakan kenikmati sekaligus manfaatnya.

Untuk informasi lain mengenai manfaat buah untuk kesehatan, Sampean dapat melihat artikel berikut ini: Manfaat Buah utk Kesehatan.