Fungsi & Manfaat Daun Sirih dan Ciri ciri Daun Sirih

Virtual Office Jakarta - Tumbuhan yang satu ini memiliki nama latin yaitu Piper Betle yg dikenal sebagai tumbuhan yang merambat. Pohon sirih ini biasanya hidup dengan bersandar pada pohon lain & mampu tumbuh dgn tinggi mencapai 15 meter.

Manfaat Daun Sirih

Manfaat daun sirih dapat mengobati berbagai penyakit dlm maupun luar tubuh. Daun sirih bermanfaat utk mengobati beberapa penyakit antara lain.

1. Obat keputihan
Caranya ambil beberapa lembar daun sirih setelah itu rebus, setelah itu tunggu air godokan daun sirih hingga dingin kemudian pakai utk membersihkan miss v. Untuk memperoleh hasil maksimal lakukan secara rutin.

2. Obat batuk
Caranya ambil 10 lembar daun sirih, campurkan dengan 20 biji cengkeh kering kemudian rebus hingga mendidih. Masukkan air rebusan daun sirih & cengkeh ke dlm gelas, tunggu sampai dingin kemudian minum. Gunakan madu utk mengurangi bau daun  sirih jika kamu tak suka bau dari daun sirih.

3. Obat mimisan
Cara nya dgn meremas-remas daun sirih sampai mengeluarkan air, setelah itu sumbatkan pada hidung yg mimisan dgn demikian pengeluaran darah akn berkurang.

4. Mengurangi bau napas
Caranya ambil beberapa lembar, cuci dgn air hangat setelah itu kunyah daun sirih tersebut. Lakukan secara rutin hingga bau pada mulut hilang.
Manfaat dan Ciri ciri Daun Sirih

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat daun sirih nte jg hrs tahu ciri ciri daun sirih antara lain:
Pada batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk memanjang, bulat serta beruas, selain itu batang ialah tempat keluarnya akar. Pada bagian daun berbentuk hati, mempunyai tangkai, tumbuh berselang seling, jika diremas memiliki bau sedap yg khas, memiliki panjang kurang dari 8 cm dan lebar antara 2-5 cm.

Fungsi Daun Sirih

Selain beberapa manfaat daun sirih yg tertera diatas, masih ada lagi fungsi daun sirih yaitu:

– Dapat memperlancar haid dgn cara meminum air rebusan dari daun sirih.

– Bisa untuk mengobati asma.

– Mengobati peyakit radang tenggorokkan.

– Menghilangkan gatal pada kulit, caranya tumbuk daun sirih kemudian balurkan ke bagian tubuh yang gatal.

– Mengobati demam berdarah.
Daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah. Caranya dgn merebus daun sirih setelah itu minum air rebusan daun sirih. Daun sirih berfungsi untuk membunuh kuman penyebab demam berdarah.

– Mengobati sariawan, gigi & gusi bengkak
Daun sirih jg bisa mengobati sariawan, gigi dan gusi bengkak. Caranya kunyah daun sirih hijau setelah itu kumur dgn air rebusan daun sirih. Lakukan secara rutin sampai sariawan, gigi dan gusi bengkak sembuh.

Selain berperan untuk kesehatan ternyata cairan daun sirih hijau bisa dijadikan sebagai obat penyemprot hama dan gak mematikan tanaman. Setelah membaca artikel ini kini anda telah mengetahui berbagai manfaat dari daun sirih dalam kehidupan kita. Semoga Artikel Kesehatan ini bermanfaat.