8 Kecerdasan Manusia Selain IQ

Service Office Jakarta - Predikat cerdas, biasanya diberikan kepada seseoramg yg mempunyai IQ yg tinggi. Padahal, kecerdasan tak selalu berarti demikian karena ada 8 jenis kecerdasan yang dpt dimiliki seseoranmg serta ngga dapat diukur dengan IQ. Apa saja macam kecerdasan yang terdapat pada manusia?

Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik atau kecerdasan berbahasa. Seseorang dengan kecerdasan ini mempunyai kemampuan utk mengelola kata-kata, baik dalam bentuk lisan atau tulisan serta mampu mengartikan tulisan dengan jelas. Hal yang sering menjadi kegemarannya adalah membaca, mengisi TTS, bermain scrabel.

➽ Beberapa pekerjaan yg cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan linguistik ialah penyiar, jurnalis atau pengacara.

Kecerdasan Matematis serta Logika

Yaitu kecerdasan untuk mengolah angka serta logika. Orang yg memiliki kecerdasan matematis mampu membuat hipotesa dengan baik, membuat klasifikasi, & menganalisa sebab akibat. Kemampuan ini membuat seseorang mampu berpikir secara logika & rasional.

➽ Beberapa pekerjaan yg cocok merupakan sebagai akuntan, programmer atau ilmuwan.

Kecerdasan Interpersonal

Seseorang yang mempunyai kecerdasan interpersonal akn tidak sulit untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, temperamen, motivasi serta watak org lain. Hasilnya, mereka bisa menghadapi org lain dengan perhatian yg baik dan mendorong orang lain utk menjelaskan masalahnya.

➽ Beberapa pekerjaan yg cocok antara lain psikolog, negosiator & guru.

Kecerdasan Intrapersonal

Adalah kecerdasan utk mengenal dan memahami diri sendiri. Biasanya orang dengan kecerdasan intrapersonal suka bekerja sendiri, cuek, bisa mengintropeksi diri sendiri, serta mampu mengetahui kekuatan & kelemahan diri sendiri.

➽ Pekerjaan yg cocok adalah sebagai penasihat, konselor atau teolog.

Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal membuat seseorang tidak susah utk menikmati, mengembangkan & mengekspresikan musik serta suara. Biasanya seseorang yg mempunyai kecerdasan musikal suka bersiul, mampu menghafal nada dgn cepat dan suka bekerja sambil bernyanyi.

➽ Beberapa pekerjaan yg cocok ialah sebagai penyanyi, pemain alat musik atau pencipta lagu.

Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis merupakan kecerdasan utk menikmati dan memahami alam, memanfaatkan alam secara produktif & dpt menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk mengelola alam dgn baik. Ciri seseorang dengan keceradasan naturalis merupakan mampu memahami tingkah binatang, menicintai lingkungan & suka mengerjakan aktivitas outdoor di alam.

➽ Beberapa pekerjaan yg sesuai untuk seseorang dengan kecerdasan ini ialah sebagai petani, nelayan, pemburu atau pendaki gunung.

Kecerdasan Kinetik

Orang yg memiliki kecerdasan kinetik mampu mengekspresikan gagasan serta perasaan dengan baik melalui gerak. Ciri seseorang yang mempunyai kecerdasan ini biasanya menyukai olahraga & berbagai kegiatan yg menggunakan fisik.

➽ Pekerjaan yang cocok untuk orang yang mempunyai kecerdasan kinetik misalnya atlet, penngrajin, dan penjahit.

Kecerdasan Visual

Kecerdasan visual di mana seseorang mempunyai kepekaan terhadap visual, bentuk, warna, garis, dan ruang. Kecerdaan ini membuat seseorang mampu membuat idenya menjadi bentuk sketsa yang jelas.

➽ Pekerjaan yg cocok untuk seseorang dengan kecerdasan ini ialah insinyur, arsitek, fotografer atau pilot.