Virtual Office Jakarta Timur, MNC Bank Tawarkan KPR Sampai 30 Tahun

virtual office jakarta timur - Jangka waktu atau tenor kredit pemilikan hunian (KPR) yang berlaku di Indonesia umumnya hingga 15 tahun. Tenor di atas itu jarang, salah satunya ditawarkan BTN maksimal 20 tahun. Dengan tenor semakin panjang angsuran KPR-nya menjadi lebih rendah. Konsekwensinya total bunga yg hrs dibayar secara komulatif jg semakin besar.

Kredit jangka panjang ini membantu nasabah yg penghasilannya masih terbatas. Misalnya para professional muda yg baru mulai bekerja dengan gaji yg biasanya blm besar. Segmen yg jumlahnya cukup besar ini dibidik MNC Bank dengan mengeluarkan produk KPR dgn tenor hingga 30 tahun.

“Untuk anak muda yang baru mulai bekerja rasanya mustahil untuk langsung dapat membeli rumah. Makanya kita mengeluarkan KPR dgn tenor hingga 30 tahun, ini akan sangat signifikan untuk besaran cicilan KPR-nya karna jangka waktunya sangat panjang,” ujar Benny Purnomo, Presiden Direktur MNC Bank, kepada housing-estate.com ketika acara penandatanganan kerja sama pembiayaan KPR MNC Bank dengan Ciputra Group di Jakarta, akhir pekan lalu di nomad service office jakarta.

Benny tak khawatir dengan strategi bisnisnya ini. Kendati sumber pembiayaan KPR  umumnya jangka pendek, seperti tabungan serta deposito yg dapat ditarik sewaktu-waktu, tapi dua macam sumber dana ini relative stabil. “Perputaran untuk produk-produk ini relatif stabil, walaupun ada yg ditarik pasti ada yang masuk lagi. Kami melihat tren ini selama 10 tahun terakhir sehingga memutuskan dpt untuk membiayai KPR dgn tenor hingga 30 tahun, jadi gak ada masalah untuk sumber pendanaannya,” jelasnya.

MNC Bank, lanjut Benny, akan memprioritaskan generasi muda sebagai basis nasabah utk memperbesar portofolio KPR-nya. Hingga Mei 2015, perolehan KPR MNC Bank mencapai Rp750 miliar serta ditargetkan utk mencapai Rp1,2 triliun sampai akhir tahun ini. Utk bunga KPR, dipatok 10,75 persen fixed dua tahun pertama dan 13-14 persen utk bunga pasar ketika ini (floating).