Virtual Office Jakarta, Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Apartemen

virtual office jakarta - Konsep eco culture menjadi pilihan untuk mendorong gaya hidup ramah lingkungan di perkotaan khususnya di rumah vertikal. Konsep ini diterapkan Ciputra Group di apartemen CitraLake Suite yg dikembangkan di dalam kawasan Citra Garden, Cengkareng, Jakarta Barat. Apartemen empat menara (506 unit) itu dirancang lebih hemat energi, hemat pemakaian air, dan menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan.

Untuk menghemat energi dibuat bukaan jendela dgn rasio yang dihitung berdasar luasan dinding.  Penggunaan cat penolak panas, kanopi di setiap jendela (external shading), insulasi di bawah dak, kaca ramah lingkungan, serta ventilasi natural jg diaplikasikan di apartemen setinggi 10 lantai itu. Pencahayaannya menggunakan lampu LED termasuk lighting controls yang akn memadamkan listrik secara berkala di area publik. Untuk menghemat konsumsi air, aliran air di shower kamar mandi, wastafel, tempat cuci di dapur, & kloset jg diatur.

Terhadap konsep eco culture ini International Finance Corporation (IFC), sebuah lembaga di bawah World Bank yg memiliki visi pengembangan pola hidup ramah lingkungan, memberi sertifikat Excellence In Design For Greater Efficiencies (EDGE) kepada CitraLake Suite.  EDGE merupakan sertifikasi bangunan hijau berskala internasional yang diberikan utk sebuah proyek yg mengaplikasikan green building design service office jakarta.

“Sertifikasi EDGE yg kita terima ini membuktikan Ciputra Group telah berhasil mengedepankan pola hidup hijau baik dari sisi bangunan, fasilitas, maupun lansekap. Semuanya tersebut untuk kenyamanan penghuni,” ujar Meiko Handoyo, Direktur Ciputra Group, saat mendapatkan penghargaan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Meiko menjelaskan konsep pembangunan ramah lingkungan yg diterapkan diintegrasikan dgn standar EDGE. Selain pada fisik bangunan, Ciputra juga akan mengerjakan pembudayaan gaya hidup ramah lingkungan kepada  penghuninya.