Serpong Kian Mahal, Potensi Service Office Jakarta Bergeser

Serpong, Tangerang, Banten, sebagai kawasan di sebelah barat Jakarta perkembangannya sungguh luar biasa dengan penawaran properti-properti premium di wilayah ini. Setelah kawasan Serpong berkembang sedemikian rupa, terjadi pergeseran khususnya utk kawasan Tigaraksa, Pasar Kemis, Balaraja, hingga service office jakarta, Cikupa yang secara lokasi berada di bagian barat Serpong.

Diakui oleh Abdul Hamid, CEO Mika Group, pengembang perumahan Savana Residence di Tigaraksa, Tangerang, ketika ini pengembangan kawasan kian ke arah barat menyusul kawasan Serpong yang semakin tidak terjangkau. “Dulu kawasan sini memang agak lambat kenaikannya tapi sekarang pemerintah mulai serius membenahi kawasan sini apa lagi jalan tol yg dari Serpong jg telah dibangun, makanya kita juga berani buka proyek sekarang,” ujarnya saat groundbreaking Savana Residence, akhir pekan lalu.

Hal yg sama juga diakui oleh Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda. Menurutnya, tingginya biaya tanah di kawasan Serpong membuat pengembang melebarkan pasarnya ke wilayah dgn biaya tanah yang lebih rendah seperti di kawasan Tigaraksa hingga virtual office jakarta ke Cikupa.

“Sebetulnya kawasan Tangerang yang meliputi Tigaraksa, Pasar Kemis, Balaraja, & Cikupa sudah jadi incaran pengembang sejak dulu. Kita lihat ada Ciputra yang mengembangkan Citra Raya, Intiland Development dgn Talaga Bestari, Jaya Group yg mengembangkan Puri Jaya, selain proyek lain seperti Imperial Park, Suvarna Sutera, & lainnya,” katanya.

Menjadi semakin dinamis, Ali menyebut karna rencana aksesibilitas jalan tol Serpong-Balaraja-Bandara, menjadi hal yg turut mengangkat kawasan. Jalan tol Serpong-Balaraja sendiri akn menyambungkan jalan tol Bintaro-Serpong yang juga akan menghubungkan Kota Tangerang Selatan dengan Kabupaten Tangerang.

Kendati belom seatraktif kawasan Cikarang, Bekasi, kawasan Tangerang ini pun disebut Ali memiliki economic based dari kawasan industri dan pergudangan sehingga sangat potensial dikembangkan proyek properti. “Kegiatan industri di Kabupaten Tangerang ada cadangan lahan mencapai 3.000 ha & 4.500 ha untuk zona industri yg tersebar di tujuh kecamatan yaitu Cikupa, Balaraja, Tigaraksa, Cisoka, Pasar Kemis, Legok, serta Serpong. Jadi potensinya cukup luar biasa,” tandasnya.