Pembangunan Flyover Senilai Rp1,5 Triliun di Papua Dimulai

marquee service office jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) dimulainya pembangunan jembatan layang (flyover) Hamadi-Hoeltekam di Jayapura, Papua. Proyek ini menggunakan anggaran sebesar Rp1,5 triliun yang berasal dari pemerintah pusat Rp900 miliar dan Pemkot Jayapura Rp600 miliar.

Jokowi menyebut pemerintah pusat menganggarkan dana sebesar Rp6 triliun khusus untuk tahun 2015 ini. “Semoga jembatan layang ini dapat selesai tahun 2018, ini akn menghubungkan kawasan Hamadi, distrik Jayapura Selatan dgn Kampung Holtekamp di distrik Muara Tami. Panjang jembatan utama mencapai 400 meter yang meliputi jalan akses sepanjang 1.322 meter,” ujarnya ketika meresmikan jembatan akhir pekan lalu.

Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono menambahkan, jml anggaran yang digelontorkan utk di Papua mencakup Rp4,7 triliun utk pembangunan jalan & jembatan, Rp600 miliar untuk irigasi, Rp400 miliar untuk sanitasi pemukiman serta air minum, serta pembangunan perumahan sebesar Rp300 miliar.

“Di samping tersebut pemerintah jg akn mengucurkan dana tambahan untuk pembangunan fasilitas lainnya seperti pasar termasuk pembangunan jalan trans Papua sepanjang 3.985 kilometer yg akn selesai tahun 2019. Jumlah anggaran yg akan digelontorkan mencapai Rp10 triliun,” imbuhnya.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan kawasan Merauke sebagai lumbung pangan nasional serta dunia. Untuk itu, kemenpupera akan membangun infrastruktur dasar untuk lahan persawahan mencapai 1,2 juta ha di Merauke seperti embung maupun waduk untuk menampung air hujan dan disalurkan ke irigasi.

virtual office jakarta pusat murah - Saat ini di Merauke telah terdapat 120 ribu ha lahan sawah & utk tahun ini akan dibangun lagi seluas 7.000 ha. “Merauke ini memiliki potensi yang sangat luas untuk dijadikan kawasan persawahan. Nanti pemerintah akn memberikan bantuan berupa benih, pupuk, & traktor untuk meningkatkan produksi beras di sini,” tandas Jokowi.