Macam-Macam Teknik Hidroponik

fortice virtual office jakarta - Ada enam teknik penanaman yang bisa Kamu gunakan dlm berkebun hidroponik. Keenam teknik ini mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. service office jakarta selatan - Utk memilih teknik yang sesuai dgn minat Anda, berikut ini penjelasan mengenai keenam teknik berkebun hidroponik.

Wick System
Wick system ialah teknik yg paling sederhana & populer digunakan oleh para pemula. Sistem ini termasuk pasif serta nutrisi mengalir ke dlm media pertumbuhan dari dalam wadah menggunakan sejenis sumbu. Wick sistem hidroponik bekerja dgn baik untuk tanaman dan tumbuhan kecil. Sistem hidroponik ini tidak bekerja dgn baik untuk tanaman yang membutuhkan banyak air.

Ebb Serta Flow System
Sebuah media tumbuh ditempatkan di dalam sebuah wadah yg setelah itu diisi oleh larutan nutrisi. Kemudian nutrisi dikembalikan ke dlm penampungan, & begitu seterusnya. Sistem ini memerlukan pompa yang dikoneksikan ke timer. Pastikan Anda menggunakan wadah yg cukup besar dan atur jarak antar tanaman agar pertumbuhan tanaman ngga saling mengganggu.

NFT (Nutrient Film Technique) System
Sistem ini merupakan cara yang paling populer dalam istilah hidroponik. Konsepnya sederhana dengan menempatkan tanaman dlm sebuah wadah atau tabung dmn akarnya dibiarkan menggantung dalam larutan nutrisi. Sistem ini dapat terus menerus mengalirkan nutrisi yang terlarut dalam air sehingga ngga memerlukan timer untuk pompanya. NFT cocok diterapkan pada macam tanaman berdaun seperti selada.

Aeroponic System
Kecanggihan sistem ini memungkinkan Kamu mendapatkan hasil yang baik dan tercepat dibandingkan sistem hidroponik lainnya. Hal ini dikarenakan oleh larutan nutrisi yg diberikan berbentuk kabut langsung masuk ke akar, sehingga tanaman lebih tidak sulit menyerap nutrisi yang banyak mengandung oksigen.

 Drip System
Selain wick system, sistem tetes (drip system) merupakan cara yang populer yang digunakan dlm berkebun hidroponik. Sistem ini menggunakan timer mengontrol pompa, sehingga pada saat pompa dihidupkan, pompa akn meneteskan nutrisi ke masing-masing tanaman.

Water Culture System
Dalam sistem hidroponik ini, akar tanaman yang tersuspensi dlm air yg kaya nutrisi dan udara diberikan langsung ke akar. Tanaman dpt ditempatkan di rakit & mengapung di air nutrisi juga. Dgn sistem hidroponik ini, akar tanaman terendam dalam air & udara diberikan kepada akar tanaman melalui pompa akuarium dan diffuser udara. Semakin gelembung yg lebih baik, tanaman akar akan tumbuh dengan cepat utk mengambil air nutrisi.