Perlengkapan Olahraga Badminton

http://sepatubootpria.com - Bulu tangkis atau badminton merupakan sebuah jenis

olahraga yang dimana setiap pemainnya menggunakan raket. Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola "kok" atau "shuttlecock" supaya melewati jaring/net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama, dimana ada batasan line/len yang menandakan keluarnya pelanggaran.

f:id:saipulallah:20150403212058j:plain

Adapun perlengkapan untuk bermain dalam sebuah permainan bulu tangkis atau badminton adalah sebagai berikut :

1. Raket
Pada umumnya raket terbuat dari bahan aluminium atau logam ringan dan senar, dan sudah sangat jarang sekali terlihat raket dengan bahan kayu halus sebagaimana bahan yang dipakai dari sejarah pembuatan raket tersebut. Dewasa ini, hampir semua pemain profesional menggunakan bahan berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Dengan alasan bahwa serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat.

2. kok atau shuttlecock
Kok merupakan bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, biasanya kok terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Namun ada juga yang dibuat dari bahan plastik.

3. Sepatu
Karena keluwesan dan kegesitan kita dalam bergerak sangatlah penting dalam bermain bulu tangkis, maka para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik sama halnya dengan sepatu yang dipakai dalam permainan bola voli atau yang lainnya, selain itu, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.