Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Mass media Sosial

meeting room fx jakarta - Keberadaan sosial mass media sudah berkembang menjadi sebuah mass media komunikasi yang juga dijadikan tempat menyampaikan pendapat. Para pengguna #sosial mass media di seluruh penjuru dunia dapat bebas mengemukakan pendapat mereka melalui sosial mass media. Siapapun Anda, apaun profesi Anda, sosial mass media menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi dan menyampaikan pendapat Anda mengenai berbagai tren dan kondisi sosial lainnya.

ceo virtual office jakarta
- Fungsi sosial mass media sebagai sarana penyampaian pendapat kadangkala membuat para pebisnis mulai kewalahan dalam menanggapi pendapat khalayak ramai terhadap bisnis yang sedang dirintis. Tak selamanya penggunaan mass media sosial sebagai sarana pengembangan bisnis akan berjalan mulus. Akan ada komentar-komentar pedas, kritik yang terkesan kasar atau pendapat orang yang membandingkan bisnis Anda dengan keunggulan bisnis sejenis lainnya.

Seorang pebisnis yang berjiwa besar dan berkomitmen untuk mengembangkan bisnis tentu harus memiliki kepala yang dingin dalam menghadapi setiap kritik pedas, saran atau komentar dari para pengguna sosial mass media. Beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk bersikap bijak dalam menangani kritik di mass media sosial:

1. Meningkatkan Kualitas Kesabaran Anda
Anda mungkin tidak bisa mengubah pendapat sebagian masyarakat yang tidak menyukai keberadaan bisnis Anda. Namun kesabaran dan sikap bijak yang Anda sampaikan dapat membuat penggun socia mass media lainnya memberikan respect yang positif bagi keberadaan bisnis Anda. Jadi, tak ada ruginya bila Anda selalu bersikap manis dan bijak di sosial mass media.

2. Berusahalah Bersikap Netral
Hendaknya Anda bersikap senetral mungkin bila Anda terjebak dalam suatu situasi diskusi atau debat di sosial mass media. Bantulah kedua pihak yang terlibat dalam perdebatan untuk berusaha mengoreksi diri dan menilai kembali perspektif masing-masing pihak.

Memberikan saran berupa win-win option akan menjadi nilai tambah bagi diri Anda sendiri. Jadi, jangan pernah berpihak pada pihak mana pun, tapi cobalah memberi solusi terbaik bagi perdebatan yang sedang terjadi.

3. Remain Focused
Tetap fokus dengan tujuan Anda dalam menggunakan sosial mass media akan membuat Anda lebih berkonsentrasi untuk menyajikan berbagai facts, inovasi atau fakta menarik seputar hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda.

4. Hargailah waktu Orang Lain
Penggunaan sosial mass media memang mempermudah Anda untuk membagikan beragam konten dan informasi dari mana pun di waktu kapan pun yang Anda suka. Namun ingatlah bahwa pengguna sosial mass media lainnya juga memiliki aktivitas lainnya selain memperhatikan sosial mass media. Jadi, mulailah mencoba menghargai waktu orang lain. Bagikan konten dan informasi di waktu-waktu excellent time.

Hindari posting konten yang terlalu panjang karena hal ini dapat membuat pengguna sosial mass media lainnya merasa malas dan akhirnya mengkritik perilaku Anda. Daripada menyajikan konten yang terlampau panjang dan membosankan, konten-konten singkat, padat dan menarik biasanya menjadi suatu bentuk konten yang digemari banyak orang.

5. Cobalah Membuat Percakapan Langsung di Dunia Nyata
Bila Anda terlibat dalam suatu konflik panas di sosial mass media, coba pikirkan apakah konflik tersebut memang worthed untuk diselesaikan di kehidupan nyata. Bila konflik tersebut memang sangat mengganggu kinerja dan kredibilitas bisnis Anda, ada baiknya bila Anda menghubungi orang yang bersangkutan untuk menyelesaikan masalah secara bijak di kehidupan nyata. Namun bila masalah tersebut masih dapat diselesaikan dengan perantaraan sosial mass media, cobalah untuk meminta maaf dan menetapkan solusi yang terbaik.

6. Bersikap Tegas Menyikapi Komentar Kasar
Bila Anda terlanjur merasa tak nyaman dengan perilaku pengguna sosial mass media lainnya yang menyerang dan mengganggu Anda secara kasar, mem-block merupakan salah satu jalan keluar terakhir yang harus dilakukan. Mem-block akun orang lain mungkin akan terkesan ekstrim dan kasar, namun ini adalah satu-satunya jalan terbaik bila pengguna sosial mass media tersebut tidak dapat diajak bernegosiasi dan menyelesaikan permasalahan secara bijak. Agar Anda lebih fokus dan tidak merasa risih di socia mass media, cobalah untuk mem-block akun yang sering mengganggu Anda dengan serangan-serangan kasar.

Setelah membaca beberapa trik simpel tersebut, Anda dapat belajar untuk menahan diri dan bersikap bijak dalam menggunakan sosial mass media. Bersabar dan bersikap bijak itu perlu, namun ketegasan juga tetap diperlukan untuk melindungi diri Anda dari serangan membabi buta yang memanfaatkan sarana sosial mass media. Stay wise, stay polite, stay wise!